Cara Menghasilkan Uang

Memahami Lebih Dalam Cara Menghasilkan Uang Dari NFT Melalui Opensea

Belakangan ini, pasca pria asal Indonesia bernama Ghozali (Ghozali Everyday) menjual karya NFT senilai milyaran rupiah. Kini, banyak di antara kita, yang mulai berpikir tentang cara menghasilkan uang dari NFT.

Apa itu NFT?

NFT merupakan sebuah kependekan dari Non-Fungible Token, merujuk sistem pengamanan sejumlah aset digital unik yang tidak dapat dipecah nilainya (secara sama) dan identitas serta kepemilikannya terdesentralisasi (memberikan kewenangan pada pihak lain) dalam sistem Block Chain.

Secara sederhana, sebuah kepemilikan akan suatu aset digital, akan terekam (Hash) dalam sistem Block Chain. Bila status kepemilikan tersebut berpindah (dijual atau dibeli) ke pemilik barunya, maka sistem Block Chain akan merekamnya kembali.

Meski diklaim bahwa NFT memberikan akses kepada semua orang untuk memiliki identitas keaslian atau bukti kepemilikan suatu aset digital, tidak serta-merta hal ini dapat membatasi orang lain untuk menggunakan, menyebarluaskan, menggandakan dan menyunting terkait aset digital tersebut.

Apakah NFT Memiliki Nilai Ekonomi?

Mengingat, bahwa NFT merujuk pada sifat keaslian dari suatu aset, beberapa pakar menyepakati bahwa keaslian dari aset tersebut sebenarnya tidak dapat digandakan.

Keaslian yang dimaksud disini ialah NFT berfungsi sebagai sebuah sertifikat ataupun kontrak yang secara resmi tidak dapat digandakan.

Sebuah motor yang dimiliki oleh BUDI, memiliki 1 STNK dan 1 BPKB atas nama yang sama. Bila motor tersebut dibeli oleh Anton, maka kemudian nama kepemilikannya terubah, dengan 1 STNK dan 1 BPKB atas nama Anton.

Bila pada contoh di atas menggunakan Motor, yang notabenenya memiliki nilai keberfungsian. Lalu apa yang membuat NFT sekarang ini jadi berharga?

  • “Barang” Koleksi
  • Karya Seni
  • Tiket Event
  • Musik dan Media
  • Game
  • Virtual Items
  • Aset Nyata
  • Identitas
  • Domain

Beberapa Kategori NFT di atas, ialah kategori yang populer saat ini dan banyak ditransaksikan. Salah satu karya dari beragam kategori di atas, ialah sebuah karya berjudul The Merge yang berhasil terjual $91,8 juta dolar, apa alasannya?

Mungkin sangat naif, bila alasannya adalah karena karya itu menakjubkanJelas alasan ini terdengar sangat amat naif, untuk harga yang fantastis itu.

Tapi yang patut kamu sadari, apapun yang bersifat colectable atau karya seni tentu penilainnya begitu subjektif. Kamu bisa setuju, ataupun tidak.

Mungkin saja menurutmu, artist pembuat karya tersebut begitu hebat, mungkin bagi orang lain tidak. Untuk beberapa kategori NFT memang terlalu ambigu penilaiannya.

Jadi bagaimana kesimpulanmu? Apakah ini meragukan, atau sebenarnya ini adalah potensi?

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari NFT?

Bila kamu sepakat, bahwa NFT mengandung nilai ekonomi dan mungkin berpotensi untuk meraup penghasilan dari sana. Kamu harus memulai dengan tiga hal ini:

1. Menentukan Kategori NFT

Beberapa platform secara real-time menampilkan banyak data berkenaan dengan volume perdagangan dari beberapa kategori NFT yang kini beredar. Salah satunya dengan simak top-categories di Opensea.io.

Secara umum, memang karya ilustrasi visual yang masuk kategori Seni dan “Barang” Koleksi (Collectibles) yang paling populer diperjual-belikan.

Termasuk, dengan karya fenomenal yang telah kami sebutkan di bagian awal, yakni karya berjudul The Merge yang berhasil terjual $91,8 juta dollar, termasuk pula dalam dua kategori tersebut.

Dua kategori ini juga dianggap jadi jenis NFT yang paling mudah dibuat, terlebih saat ini sudah banyak situs yang mengakomodir kebutuhan ilustrasi visual secara online dan juga gratis.

Sebagai contoh, salah satu artis kenamaan asal Bandung yang terkenal di kancah internasional Riandy Karuniawan yang terkenal dengan SATHAR.

Sosok SATHAR sendiri telah di-bedah ke berbagai media, mulai dari ilustrasi, animasi dan lainnya. Hingga ditemukan formula yang paten dengan mengabadikannya ke bentuk visual.

Seniman multimedia ini juga telah lebih dahulu eksplorasi beragam platform untuk mendistribusikan dan mendapat penghasilan darinya, sebelum akhirnya turut berkecimpung di dunia NFT.

2. Membuat Defi-Wallet Account

Bila kamu mau berbisnis, tentu kamu harus punya modal dan berharap keuntungan, tentunya kedua hal ini biasanya tersimpan dalam sebuah Rekening Bank tertentu.

Nah, salah satu bagian dari cara menghasilkan uang melalui NFT ya tentunya harus terlebih dahulu menyiapkan “dompet” untuk menyimpan modal atau keuntungan yang kamu dapat.

Salah satu platform yang paling banyak digunakan saat ini ialah, Metamask! Berikut ini kami jabarkan cara pemanfaatannya:

  • Sebelumnya kamu harus instalasi Metamask Extention pada browser, dan kami rekomendasikan kamu gunakan Google Chrome
  • Tunggu beberapa saat, hingga proses instalasi selesai, kemudian klik icon Extention (biasanya berada dibawah kolom URL, berbentuk seperti puzzle), lanjutkan aktifkan dengan klik logo Metamask
  • Pada laman awal, kamu ketuk Get Started
  • Lalu ketuk Create A Wallet
  • Lanjutkan dengan buat Password sebanyak 8 karakter, dengan kombinasi huruf serta angka
  • Kamu bisa simak Turorial dari Metamask atau pilih Skip untuk langsung masuk pada tahap selanjutnya
  • Pada bagian Secret Backup Phrase, ketuklah sebuah box dengan watermark berlogo sebuah Gembok maka akan muncul sebuah Kalimat yang berfungsi sebagai layaknya Recovery Code
  • PENTING: Salinlah Secret Backup Phrase tersebut, dan pastikan kamu menyimpannya, lanjutkan dengan ketuk pilihan Next
  • Kamu akan dialihkan ke tampilan selanjutnya, dimana kamu harus mengulang Secret Backup Phrase menyusun ulang Secret Backup Phrase, ketuklah pilihan Confirm
  • Kemudian kamu akan dialihkan ke tampilan lanjutan, berisi pop up bahwa kamu telah berhasil membuat Wallet di Metamask, ketuklah All Done di bagian bawah
  • Kamu akan dialihkan langsung ke dalam Wallet Metamask milikmu, di bagian atas ada Nama Akun dan Kode Identitas Akun, yang kamu butuhkan untuk bertransaksi atau memulai menjelajah ke dunia NFT
  • Untuk proses withdrawal dan deposit, kamu bisa simak disini

3. Cara Menjual NFT Lewat Opensea

Kamu perlu tahu, bahwa Opensea merupakan salah satu market bagi jutaan NFT di dunia, dan jadi tempat transaksi yang paling populer saat ini. So, berikut ini kami jelaskan bagaimana cara registrasi di platform ini:

  • Kamu bisa langsung akses situs Opensea.io
  • Dan pada tampilan awal, ketulkah pilihan Create
  • Kamu akan beralih ke beberapa pilihan Defi-Wallet, kamu bisa gunakan Metamask, seperti yang telah kami jelaskan di atas, atau gunakan Wallet lainnya yang tersedia
  • Setelah kamu klik icon dari Metamask maka Opensea akan mencoba terhubung dengan Wallet-mu tersebut
  • Akan muncul pop-up permintaan izin untuk mengkoneksikan dua platform tersebut, centang Nama Akun (Metamask) yang muncul, lalu ketuk pilihan Next
  • Kemudian akan muncul pop-up lainnya, ketuk pilihan Connect
  • Setelah berhasil menghubungkan dua platform tersebut, maka akun Opensea milikmu telah berhasil teregisterasi dan siap kamu gunakan
  • Dalam video di atas, terdapat pula cara membuat NFT yang kami kira caranya cukup mudah untuk kamu ikuti, jadi kami anggap tidak perlu lagi kami jelaskan ya!

Penutup

Yang perlu dipikirkan ulang ialah, mengembalikan tujuan NFT untuk “memastikan kepemilikian” suatu karya. Serta, memanfaatkan segala alternatif lain sebagai media untuk “menjual” karya milikmu.

Angga saja, penjualan fisik tetap diutamakan, dengan mencetak desain dan karyamu dalam format t-shirt atau hoodie dan mendistribusikannya melalui marketplace lokal.

Kamu juga bisa maksimalkan upayamu, dengan aktivasi Instagram Business Account, untuk akses layanan Shop dan fitur terkain penjualan lainnya.

Sehingga, NFT tidak kamu jadikan satu-satunya cara menghasilkan uang, melainkan sebagia media untuk memastikan kepemilikan karya buatanmu.