Aplikasi Penghasil Uang

Daftar Aplikasi Penghasil Uang Yang Terbukti Membayar Penggunanya

Banyak aplikasi yang klaim memberi uang pada penggunanya secara cuma-cuma, apakah itu masuk akal? Sepertinya tidak, tapi beberapa aplikasi penghasil uang yang kami rangkum ini, terbukti akan membayar kamu lho!

Sebelum sampai ke sana, kita perlu ingat bahwa semua bentuk reward tidak mungkin diberikan secara cuma-cuma, bahkan setidaknya kamu pasti diharapkan untuk registrasi.

 

Ada pula, respon seperti pada gambar di atas, yang menunjukkan bahwa aplikator tidak menepati janji atau program yang sebelumnya telah ditawarkan. Apakah kamu rela mengalami hal serupa?

Sayangnya, banyak situs yang merekomendasikan aplikasi serupa di berbagai kesempatan. Kamu bisa hindari dengan membaca “tugas” apa yang harus kamu kerjakan, dan reward (hadiah) apa yang kamu dapat. Bila sebanding antara tugas dan hadiahnya, mungkin bisa kamu coba. Bila terkesan terlalu mengada-ada, tinggalkan!

Disclaimer: pro dan cons yang kami cantumkan merupakan rangkuman ulasan pengguna di Google Play Store

So, langsung saja ya ke daftar aplikasi penghasil uang yang terbukti membayar penggunanya pada artikel berikut ini! Kami urutkan, dari estimasi pendapatan yang kemungkinan paling kecil hingga ke yang paling besar ya!

1. Google Opinion Reward

  • Publisher: Google
  • Tugas: Mengisi Survey
  • Estimasi Bayaran: Rp 1500 per survey

Kelebihan:

  1. Selama pengisian dan penggunaan aplikasi, tidak terganggu oleh adanya iklan apapun
  2. Reward bisa digunakan untuk top-up beragam aplikasi lain
  3. Reward bisa ditarik atau dipindahkan ke e-wallet

Secara sederhana ini sebuah aplikasi aggregator, yang mengumpulkan beragam survey dalam sebuah aplikasi. Tugas kamu hanyalah mengisi sejumlah survey yang disajikan (umumnya) dalam sebuah pertanyaan singkat.

Kekurangan:

  1. Survey tidak bisa dibagikan ke pihak lain, atau melalui aplikasi pihak ketiga lain
  2. Survey yang muncul belakangan ini jumlahnya sedikit

Aplikasi ini resmi dirilis dan dimiliki oleh Google LLC, dan telah beroprasi dari tahun 2013 silam, jelas bukan waktu yang sebentar ya. Jadi, kamu tidak perlu ragukan lagi soal kredibilitas aplikasi penghasil uang yang satu ini ya!

2. BuzzBreak

  • Publisher: BuzzBreak
  • Tugas: Baca dan tonton berita atau artikel tertentu
  • Estimasi Bayaran: Rp 1422 per 100.000 poin 

Kelebihan:

  1. Sangat cocok bagi kamu yang memiliki waktu luang cukup banyak
  2. Pencairan bayaran bisa melalui DANA atau transfer bank tertentu, PayPal lebih direkomendasikan
  3. Banyak Kode Refferal yang bisa kamu gunakan untuk mendapat tambahan bayaran

Satu lagi aplikasi yang termasuk kategori , namun dalam sajian yang berbeda. BuzzBreak ialah sebuah platform yang menghadirkan beragam berita dalam bentuk artikel tertulis maupun video.

Kelemahan:

  1. Beberapa waktu lalu, beredar info bahwa proses pencairan atau pendapatan maksimal yang bisa dihasilkan hanyalah 1 Peso per hari (Rp 269 – perak)
  2. Pengguna juga banyak mengeluhkan soal adanya Ads yang berdurasi cukup lama, 30 detik – 1 menit (kurang lebih)
  3. Fun Fact: tugas baca tiap artikel hanya dihadiahi 20 point, perjalanan kamu akan sangat amat panjang

Menjelang genap 3 tahun perilisannya, platform yang satu ini kian berkembang dengan menambahkan beragam fitur menarik lainnya, sebut saja seperti Live-stream, yang sempat ramai beberapa waktu belakangan.

Agar kamu bisa dapat insight soal aplikasi ini lebih lanjut, silahkan baca ulasan langsung dari pengguna di Indonesia, agar kamu dapat membandingkannya secara nyata, silahkan baca pada diskusi di Quora.com ini ya!

3. Toluna Influencer

  • Publisher: Toluna Android App
  • Tugas: Pengisian survey
  • Estimasi Bayaran: Rp 20.000 untuk 10.200 point

Kelebihan:

  • Tiap survey memberi poin berkisar 200 – 6000 point
  • Proses redeem pun dimudahkan dengan banyaknya platform e-wallet populer di Indonesia untuk sarana penarikan dana, sebut saja DANA, OVO, Tokopedia, Alfamart Voucher, GoPay dan tentunya PayPal

Ini sama halnya dengan Google Opinion Reward yang sebelumnya telah kami jelaskan. Formatnya ialah aplikasi pengisian survey, dimana client pemilik survey akan membagikannya melalui platform ini, dan diisi oleh kamu dan pengguna lainnya.

Kekurangan:

  • Sama halnya dengan Google Opinion Reward, survey tidak bisa dibagikan ke pihak lain, atau melalui aplikasi pihak ketiga lain
  • Begitu pula dengan survey yang jumlahnya sedikit belakangan ini
  • Butuh waktu yang cukup lama ketika melakukan proses redeem
  • Masih banyak BUG pada aplikasi, sehingga mungkin kamu akan kesulitan dalam mengakses survey, umumnya gangguan berupa force close saat membuka survey

Meski dirilis pada 2012 lalu, pengembangannya cenderung lamban untuk sekelas aplikasi mobile. Tampilan serta fitur yang diberikan pun cenderung terbatas bila dibandingkan dengan layanan di situsnya yakni Toluna.com

4. Projects.co.id

  • Publisher: PT Panonpoe Media
  • Tugas: Freelance Project 
  • Estimasi Bayaran: Rp 50.000 – tak terhingga per project

Kelebihan:

  • Ada lebih dari 17 kateogir project yang bisa kamu jelajahi
  • Proses redeem tentu berdasarkan kesepakatan dari kamu dan pemilik project
  • Proses redeem mengakomodir hampir seluruh layanan perbankan di Indonesia
  • Projects.co.id memberi bantuan hukum bila kamu mengalami sengketa dengan pemilik project
  • Costumer Services 24 jam, layanan di kantor pusat dapat kamu akses (Bandung)

The one and only Projects.co.id, sebuah aplikasi karya anak bangsa, yang dibangun dengan citra baik dari layanan berbasis web, yang sudah memiliki rekam jejak dari 2014 lalu. Meski aplikasi-mobile terbilang baru, Projects.co.id jelas masih jadi platform untuk kamu yang sedang berburu job-freelance.

Kekurangan:

  1. Kamu akan bersaing dengan para freelancer lainnya yang lebih dahulu mendaftar, kamu tidak bisa serta merta dapat project tanpa adanya portofolio atau karya terlebih dahulu
  2. Tidak ada fix price membuat pendapatanmu dari sini mungkin tidak stabil
  3. Kamu butuh usaha lebih untuk aktif berkomunikasi, karena terkadang ada saja pemilik project yang hilang kendali (tidak aktif) dalam proses penyelesaian project

Yak, sederhananya aplikasi ini merupakan platform untuk membuat atau mencari proyek freelance, dengan banyak kategori pekerjaan. Mulai dari jadi penulis, illustrator hingga pembuatan project pembuatan Metaverse yang bernilai maksimal 100 juta rupiah lho!

Penutup

Meski terdengar naif, tapi beberapa aplikasi penghasil uang yang kami sebutkan disini memang hanya bermodalkan quota internet saja dalam proses penyelesaian tugasnya. Adapun bagian paling penting adalah untuk konsisten dalam mencari berbagai peluang.

Terakhir, kamu juga patut berhati-hati untuk memilah aplikasi penghasil uang mana yang benar akan membayar penggunanya, banyak dari aplikasi dengan gimmick semacam itu hanyalah buang waktu atau bahkan upaya scam. Overall, selamat mencoba ya!