Orang Terkaya Di Asia

20 Orang Terkaya Di Asia, Ada Dua Dari Indonesia!

Bila seluruh uang milikmu, ditambah dengan seluruh uang yang ada di rekening kami saat ini, bisa dipastikan jumlahnya tidak akan menyentuh 1% dari harta yang dimiliki oleh 20 orang terkaya di Asia. 

Di lain sisi, Presiden Jokowi Widodo beberapa waktu lalu sempat menyatakan bahwa biaya pemindahan Ibu Kota baru membutuhkan dana sebesar kurang lebih $35 Milyar.

Entah ini ironi ataupun hal yang konyol, tapi sepertinya beberapa dari orang terkaya di Asia ini, bisa membuat ibu kota baru juga, bahkan lebih dari satu.

DISCLAIMER: Peringkat yang ada disini berdasarkan rangking pada Real Time Billionaires dari Forbes (3/8/2022)

1. Wang Wei $20.5 B (China)

 

SF Express ialah sebuah perusaah ekspedisi multinasional, yang membawa pria berusia 51 tahun ini jadi kaya raya, meski dahulu hanya diawali dengan memperkerjakan 6 orang dan sebuah mobil van.

2. Michael Hartono $20.7 B (Indonesia)

Michael Bambang Hartono, yang belakangan ini ramai pasca berpartisipasi sebagai atlit Bridge. Merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia, dan ambil bagian jadi yang terkaya di Asia pula.

Kekayaannya sering dikaitkan dengan kepemilikannya atas bank BCA serta perusaah Djarum. Meski begitu, salah satu yang berkesan bagi kami, ialah perusahaan elektronik Polytron, yang pada era 90-2000 an begitu banyak digunakan hampir di setiap rumah.

3. Cyrus Poonawalla $21.3 B (India)

Cyrus S. Poonwalla kami rasa tidak banyak memiliki saingan, terkait kategori bisnisnya bila dibandingkan dengan beberapa tokoh lain di daftar ini.

Kekayaan yang setara dengan 317T rupiah ini, dihasilkannya dari perusahaan Bio-Teknologi miliknya yang bernama Serum Institude of India yang telah banyak menghasilkan dan mendistribusikan vaksin di India serta negara lainnya.

4. R. Budi Hartono $21.5 B (Indonesia)

Meski tidak se-familiar saudaranya yang juga ada di daftar ini, Robert Budi Hartono adalah orang paling kaya di Indonesia dan jadi bagian dari orang terkaya di Asia. Dengan harta hampir menyentuh angka 320T rupiah, jelas membawanya juga turut jadi tokoh terkaya di Asia.

Dari segi lini bisnis yang dijalani, dirinya memang tidak banyak perbedaan dengan saudaranya, yang secara bersama-sama merangkai kerajaan usahanya melalui moderenisasi perusahaan Djarum pada tahun 1972 lalu, pasca kematian ayah mereka berdua.

5. Takemitsu Takizaki $22.4 B (Jepang)

Dikenal dengan sebutan “bapak sensor dunia” yang didapatnya karena impact dari perusahaan Keyence Manufacture yang mendominasi dunia hingga saat ini.

Perusahaan tersebut kini memperluas produknya, hingga ke sistim pemantauan, alat pembaca barcode, penanda laser dan beragam alat pengukuran lainnya.

6. Qin Yinglin $23.0 B (China)

Satu lagi orang terkaya di dunia, yang menghasilkan kekayaan dari bisnis yang tidak biasa. Yak, itulah Qin Yinglin yang usaha peternakan babi miliknya, yang bernama Muyuan Foodstuff.

Mengingat, bahwa China merupakan salah satu negara pengkonsumsi daging babi terbesar, hal ini membuat kekayaan pria satu ini bisa dikatakan sebagai kekayaan abadi.

Meski begitu, tantangan selalu silih berganti melanda usahanya, terutama terkait pandemi Flu Babi yang hadir bersamaan dengan pandemi COVID-19 pada awal 2020 lalu.

7. Shiv Nadar $23.0 B (India)

Kami begitu tak henti takjub, dengan Djarum Foundation milik Hartono Bersaudara. Begitu pula dengan Shiv Nadar University yang dipelopori oleh Shiv Nadar itu sendiri.

Dimana, univeristas ini telah mencetak banyak anak muda berprestasi, yang kini juga berkiprah di kancah internasional. Tentunya Shiv Nadar mampu membangun universitas tersebut, karena kekayaannya yang hampir mencapai 342T rupiah, yang dihasilkan dari perusahaan IT terkemuka di India, bernama HCL Technologies Limited.

8. Jack Ma $23.4 B (China)

Kami yakin sekali, nama inilah yang paling kalian sering dengan dan familiar, bila membahas tentang orang terkaya di planet Bumi.

Meski kenyataannya, berdasarkan pada daftar di China-Realtime Billioners List dari Forbes, dirinya berada pada urutan ke-7. Namun, Jack Ma memang lebih dikenal atas raksasa ALibaba miliknya itu.

Dampak positif yang banyak menyertainya, juga membawa tokoh yang satu ini mendapatkan berbagam penghargaan, bahkan diberi gela sebagai salah satu dari 50 Pemimpin Terbaik Dunia, yang diberikan oleh Fortune.

9. He Xiangjian $23.7 B (China)

Pria yang dikenal dengan prinsipnya yang berbunyi “berbicara sedikit, bekerja lebih banyak” ini, meraup kekayaan fantastisnya dari perusahaan manufaktur beragam peralatan rumah tangga, bernama Midea.

10. Wang Chuanfu $25.3 B (China)

 

11. Li Shufu $27.6 B (China)

Satu lagi tokoh terkaya di dunia yang berasal dari ChinaYak, itulah Li Shufu pemilik dari raksasa otomotif Geely dari Zheijiang Geely Holding Group.

Kesuksesannya bukan hanya karena mampu mengembangkan Geely dari segi produksi otomotifnya, melainkan juga upaya suksesnya dalam mendapatkan kontrak senilai $1,8 Milyar dengan Ford Motor Company pada 2010 silam.

Hal ini, mencetak dirinya pada sejarah dunia, dimana jadi industri manufaktur asal China pertama yang berhasil menjual part dengan nilai terbesar sepanjang sejarah di negara tersebut. Kesuksesannya ini membawanya kian jauh, dengan mencaplok sebagian besar saham dari Daimler (Mercedes-Benz Group AG).

12. William Lei Ding $28.6 B

Ledakan internet yang kian berkembang menjelang era 2000an, membawa beberapa generasi pengadaptasi teknologi tersebut kini jadi raksasa untuk industri IT secara keseluruhan. Salah satunya ialah Ding Lei atau yang lebih dikenal dengan William Ding, penemu dari NetEase.

Anehnya, dirinya memperluas kekayaannya ke sektor yang tidak terduga, yakni peternakan. Khususnya di lini peternakan babi, yang tentunya memiliki value-added dengan sentuhan teknologi dalam prosesnnya.

Dirinya klaim bahwa peternakan yang sustainable dengan meminimalisir pergeseran kuantitas dan kualitas lingkungan dalam proses ternak, akan meningkatkan kualitas serta kuantitas dari babi itu sendiri. Gilanya, ada saja venture capital yang memberika dana segaar bagi peternakan babi miliknya, sebesar $23 juta!

13. Lee Shau Kee $30.6 B (Hongkong)

Dengan kekayaan sebesar hampir mencapai 455T rupiah, penguasa dari https://en.wikipedia.org/wiki/Henderson_Land_DevelopmentHenderson Land Development ini menguasai lini bisnis lain, seperti hotel dan restoran, bahkan penyelia internet di Hongkong.

Pria berusia 94 yang biasa disapa Lee tersebut memang begitu bertalenta, dirinya juga sempat menduduki jabatan sebagai Hongkong and China Gas Company Limited.

14. Tadashi Yanai $31.5 B (Jepang)

Mengawali sejarahnya, dengan sebuah toko pakaian yang berada di Hiroshima pada tahun 1984, kini pria yang satu ini menggengam seluruh dunia dengan membuka ribuan gerai UNIQLO di 20 negara, mulai dari Australia hingga Belgia, termasuk Indonesia.

Tadashi Yanai memang mengawali karirnya dari tahun 1971 di lini bisnis pakaian dan juga peralatan dapur.

Perjalanan pria yang satu ini memang tak disangka begitu luas dampaknya, dengan keuntungan hampir 81 milyar yen, dan juga, meski sempat di”tampar” dengan isu terkait pengupahan tak layak, gagal bayar dan kekerasan yang sempat hangat dibincangkan pada 2021 silam.

15. Ma Huateng $33.2 B (China)

Ini adalah salah satu tokoh favorit kami, yang mungkin kurang familiar bagi banyak anak muda di Indonesia. Untuk pria berusia 50 tahun, personanya yang terlihat masih segar ini, menyembunyikan sosok global strategist paling “gila” dengan modal yang begitu teramat dalam, hingga dijuluki Pony Ma.

Meski cukup dikesampingkan, karena dirinya meneruskan oligarki dari sang ayah, gebrakan dari dirinya justru pasca perilisan aplikasi chating bernama WeChat yang menghantam seluruh dunia, begitu juga Indonesia.

Meski pemanfaatannya di Indonesia hanya sekedar untuk chating, beda hal dengan di China, aplikasi ini juga memberikan layanan pembayaran serta segala hal terkait layanan internet, bahkan iklan berbasis online.

16. Li Ka-shing $35.8 B (Hongkong)

Bisnis properti memang terbukti menjanjikan, Li Ka-shing yang kini telah pensiun dan berusia 94 tahun, tengah berada di puncak kesuksesannya, dengan total kekayaan hampir sebesar hampi 533T.

Orang terkaya di Asia ke-5 ini juga merambah banyak sektor lain, seperti retail, perdagangan aset, dan lini IT. Kekayaannya tersebut sempat goyah, pasca Australian Tax Office menggugat salah satu anak perusahaan miliknya, yang diduga tidak membayarkan pajak sebesar A$379 juta.

17. Robin Zeng $42.8 B (Hongkong)

Belakangan ini, istilah inner-circle marak digunakan. Kami bisa bilang, pria yang satu ini ialah inner-circle dari manusia terkaya di muka Bumi yaitu Elon Musk.

Mengapa demikian? karena Robin Zeng merupakan pemilik dari Contemporary Amperex Technology (CATL), sebuah perusahaan pembuat batrai lithium yang digunakan dalam TeslaSo, sudah jelas bukan kekayaannya dari mana?

18. Zhong Shanshan $69.6 B (China)

Duh, kami bingung juga menjelaskannya seperti apa, tetapi Zhong Shanshan ialah seorang pengusaha air minum kemasan berlabel Nongfu Spring.

Kisahnya dimulai pasca dirinya dikeluarkan dari sekolah pada tahun 1954, dan mulai bekerja menjadi “tukang bangunan“. Yang anehnya, mulai dari tahun 1977 hingga 1988 dirinya berubah jadi seorang jurnalis. Sungguh perubahan yang sangat amat dramatis.

Akhir dan mungkin awal yang baru dalam perjalanan hidup Zhong Shanshan ialah saat sukses membawa merek air mineralnya untuk IPO (Initial Public Offering) di negara asalnya, dan membawa pulang sekitar US$1bn!!!

 

19. Mukesh Ambani $95.4 B (India)

Dengan total kekayaan hampir mencapai 1.420T, wajar bila dirinya memiliki sebuah rumah yang terkesan cukup ekstenrik di India. Mukesh Ambani ialah pemilik dari Reliance Industries Ltd, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang energi dan petrochemical kenamaan dan dianggap sebagai perusahaan paling bernilai di pasar saham sana.

Perjalanan karirnya memang terbilang cukup keras, dimana pada usia 24 tahun dirinya telah bertanggung jawab atas pembangunan Patalganga Petrochemical Plant sepeninggal sang ayah yang terkena stroke, yang saat itu tengah terkuras pendanaannya untuk investasi pemurnian minyak dan petrochemical.

Sayangnya, dirinya yang tak bisa bekerjasama dengan saudara kandungnya itu, harus berakhir kisruh di pengadilan, karena sang ibu memutuskan untuk membagi perusahaan yang diturunkan oleh suaminya itu untuk kedua anaknya.

Semenjak hal itu, banyak hal menghalangi kisah sukses Mukesh Ambani, bahkan pada 2014 dirinya juga digugat sebesa 540 milyar Rs oleh negara, karena dianggap eksploitasi gas tanpa mengikuti regulasi. Meski begitu, kekayaannya terus bertambah seiring tumbuhnya banyak lini baru dari raksasa asal India ini.

20. Gautam Adani $129.9 B (India)

Bila dikonversikan ke rupiah, ada 16 digit angka berderet yang menunjukkan kekayaan Gautama Adani, yakni sekitar 1,935T rupiah. Dengan angka se-fantastis itu, dirinya mampu membangun 4 ibu kota bagi Indonesia.

Orang terkaya di Asia pemilik Adani Group ini memang memiliki sepak terjang bisnis yang teramat luas. Sebut saja sebagai penyortir berlian pada akhir 1970, lalu perdagangan PVC pada awal tahun 80an, serta mulai berjuang di agrikultur dan komoditas energi pada pertengahan era yang sama.

Diversivikasi bisnis dari dirinya, menjadikan kekayaannya seakan berasal dari banyak sumber, sehingga terus mengalir pada Adani Group yang telah dikembangkannya semenjak 1988 itu, hingga hari ini.

Demikianlah rangkuman tentang peringkat teratas dari orang terkaya di Asia. Kami begitu takjub menulis artikel yang satu ini, dan jadi reminder pula, agar kami dan kamu bisa lebih kerja keras, betul?!